Minggu, 17 Mei 2009

PENGEMBANGAN TEKNOLOGI JEMBATAN DI INDONESIA

Oleh :
Ir. Lanneke Tristanto
Ahli Peneliti Utama
Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah
Badan Penelitian dan Pengembangan Permukiman dan Prasarana Wilayah
Pusat Litbang Prasarana Transportasi , Jl. A.H. Nasution 264, Bandung 40294


Abad yang baru dengan berbagai permasalahan dalam bidang teknologi jembatan menjadi tantangan untuk pembangunan masa depan. Pembangunan jembatan bertumpu pada sumber daya manusia dan sumber daya alam khususnya sumber daya bahan seperti kayu, batu, pasir, bijih besi yang relatif menurun dalam kuantitas dan kualitas, disertai dengan tuntutan konservasi pelestarian lingkungan hidup yang makin meningkat.

Profesi ahli teknik di bidang teknik sipil dan arsitektur setelah krisis moneter kehilangan peminat, dan jumlah mahasiswa di fakultas teknik mengalami surut yang drastis. Tamatan STM pun sekarang sulit dicari, sedangkan mereka tenaga teknisi trampil yang sangat diperlukan untuk pekerjaan laboratorium dan lapangan. Kelangkaan ahli teknik dan teknisi di masa mendatang menjadi keprihatinan, mengingat pembangunan harus didukung oleh kemajuan teknologi dalam negeri. Peningkatan kemampuan untuk dapat meng-ekspor teknologi akan lebih membangun dari meng-impor teknologi, karena ketergantungan pada luar negeri selalu menjadi beban moneter.

Jembatan membentuk bagian kehidupan masyarakat, sebagai sarana komunikasi untuk perdagangan, transportasi dan pertukaran sosial budaya. Jembatan umumnya dibangun untuk jalan kereta api dan jalan raya. Dokumentasi jembatan kereta api jauh lebih mudah dibanding jembatan jalan raya. Ini disebabkan oleh pembangunan dan peresmian jaringan jalan kereta api secara jelas dalam sejarah. Jembatan jalan raya tersebar di seluruh wilayah dengan pendataan yang tidak didukung secara organisasi. Arsip jembatan jalan raya dalam data bank yang mudah di-akses dan di-update sekarang sedang menjadi tuntutan pengkajian.

Pengembangan teknologi jembatan berawal dari jembatan primitif seperti jembatan bambu dan jembatan kuno seperti jembatan dari batu dan kayu, yang berkembang menjadi jembatan modern sejak penemuan bahan baja dan beton di awal tahun 1900.

Teknologi kuno lebih tahan dari teknologi baru, karena zaman dahulu jembatan dan tenaga ahli dibatasi jumlahnya. Dalam tahun 1970, pembangunan jembatan di Indonesia maju pesat, jumlah jembatan dan tenaga ahli tidak dibatasi, dan timbul masalah yaitu kerusakan dini dari struktur jembatan yang tidak ter-prediksi. Sehingga terdapat jembatan kuno yang masih berfungsi dengan baik disamping jembatan baru yang harus diperbaiki karena telah rusak.

Dalam tahun 1980, penelitian jembatan di Indonesia maju pesat dan diketemukan bermacam teknologi baru untuk mengendalikan mutu struktur jembatan. Dalam tahun 2000 mulai digerakkan “pengembangan penelitian sampai pedoman” dengan mengadakan penyuluhan teknologi baru yang disebarluaskan melalui pedoman teknis dalam rangka pemasaran teknologi tepat guna ke daerah.

Jembatan mempunyai masa hidup dan mati seperti manusia sehingga inovasi dalam membangun dan memelihara jembatan sangat diperlukan. Penelitian menghasilkan inovasi teknologi baru dan tepat guna sebagai acuan pedoman teknis. Promosi pedoman teknis dalam strategi penyuluhan mewujudkan hubungan efektif dan efisien dengan pihak relevan dan terkait dalam bidang transportasi jalan. Implementasi teknologi baru dan tepat guna ke seluruh wilayah Indonesia merupakan target Departemen Kimpraswil dalam mendukung pengembangan ekonomi dan sosial budaya wilayah bangsa dan negara.

Sebagai ulasan diberikan berbagai ilustrasi meliputi rangkuman hasil penelitian yang dikerjakan antara tahun 1980-2003 oleh penulis bersama rekan-rekan di Departemen PU dan kemudian Departemen Kimpraswil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar